Sunday, February 12, 2012

Anggaran PNPM 2012 Tolitoli Meningkat

TOLITOLI- Anggaran  PNPM  (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Kabupaten Tolitoli tahun 2012  mengalami peningkatan. Dari semula tahun 2011 hanya sekitar kurang lebih Rp17 Miliar, pada tahun 2012 meningkat menjadi sekitar 21 Miliar.
Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMD) Kabupaten Tolitoli, Drs. Donal sondakh, kepada Nuansa Pos Minggu (12/2) mengakui adanya peningkatan anggaran PNPM Kabupaten Tolitoli untuk tahun 2012, menurut dia, peningkatan ini karena adanya kenaikan dana shearing PNPM integrasi sebesar 20 persen, sementara yang disiapkan pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli tahun ini hanya sekitar 5 persen. “Kenaikan PNPM Tolitoli pada tahun ini berkat kenaikan dana shearing PNPM integrasi” ujarnya
Menurut dia, penggunaan dana PNPM integrasi harus relefan dengan apa yang diusulkan didalam setiap Musrembang. Artinya kegiatan yang sudah dikerjakan melalui usulan Musrembang itu tidak tabrakan dengan usulan yang dianggarkan melalui dana dari PNPM integrasi. “Itu hasil rapat kita di BAPPEDA beberapa waktu lalu,” jelasnya.
PNPM integrasi di Kabupaten Tolitoli dimulai tahun 2012 yang secara nasional akan berjalan terus. Ia meyakini, alokasi anggaran program akan mengalami peningkatan sampai 21 milar seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 17 milar, demikian halnya PNPM Pedesaan.
Namun, ia tidak merinci seberapa besar peningkatan alokasi anggaran PNPM tersebut pada setiap kecamatan di Kabupaten Tolitoli. “Anggaran PNPM Pedesaan tahun ini untuk setiap kecamatan belum bisa saya jelaskan secara rinci, karena masih ada perubahan  DIPA ini yang kita tunggu,” terang sekertaris (van/or)


0 comments:

Post a Comment